Panen Perdana Padi Merah di Kabupaten Konawe Utara

Panen Perdana Padi Merah di Kabupaten Konawe Utara
PANEN PADI MERAH-Bupati Konut, Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut, Raup saat mendampingi masyarakat petani panen padi merah non glukosa di Kecamatan Oheo, Senin (25/12/2017). (Jefri/ZONASULTRA.COM)

Panen Perdana Padi Merah di Kabupaten Konawe Utara PANEN PADI MERAH – Bupati Konut, Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut, Raup saat mendampingi masyarakat petani panen padi merah non glukosa di Kecamatan Oheo, Senin (25/12/2017). (Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin bersama wakilnya Raup melakukan panen perdana padi merah di Kecamatan Oheo, Senin (25/12/2017). Penanaman padi merah non glukosa ini merupakan salah satu upaya Pemkab Konut meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang swasembada pangan.

Untuk awal, padi merah ini hanya ditanam di dua tempat, yakni Kecamatan Oheo dan Molawe dengan luasan lahan sekitar 30 hektar. Pada 2018 mendatang, semua kecamatan ditargetkan akan ditanami padi merah. Panen perdana ini menghasilkan padi sekitar 210 ton.

BACA JUGA :  Pemda Konut Kembangkan 4 Desa Wisata

“Ini langkah awal kita di 2017 dan hasilnya memuaskan untuk petani kita. Insyaallah ke depan kita terus kembangkan dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait,” ungkap Ruksamin usai melalukan panen bersama petani di Kecamatan Oheo.

Ruksamin juga bertekad menjadikan wilayah yang dinahkodainya itu sebagai lumbung padi organik di wilayah Sultra.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kedisiplinan Kerja, Dinkes Konut Bentuk Tim Pemantau Kerja

Camat Oheo Hasanudin mengaku hasil panen petani di wilayahnya sangat memuaskan.

“Hasilnya baik, dan perawatannya juga tidak terlalu rumit. Ini awal perdana saya tanam dan baru panen, tentunya kami berharap hasilnya memuaskan,” tambah salah satu petani, Mulikin.

Padi merah sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena memiliki kadar gula nol persen, berbeda dengan padi lain pada umumnya yang memiliki kadar gula tinggi. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini