Perbaikan Asrama Dayung, Pemprov Sultra Usulkan Anggaran Rp5 Miliar

Potret Stadion Dayung Sultra, 12 Tahun Tak Pernah Dibenahi
STADION DAYUNG - Stadion Dayung yang dulunya menjadi salah satu ikon olahraga di Sultra katena dinilai salah satu yang terbaik di Indonesia, kini kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Padahal jika dilihat prestasi cabor dayung Sultra seharusnya stadion dayung tidak seperti ini. (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui dinas pemuda dan olahraga (Dispora) mengajukan perbaikan besar-besaran Stadion PPLP Dayung Kota Kendari ke pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Jadi langkah-langkah itu (perbaikan) kita sudah upayakan sejak 2017, dan 2018 ini kami sudah diingatkan oleh kementerian dalam rangka menindaklanjuti usulan kami. Dan kami juga usulkan dengan penyelesaian asrama dayung, karena saat ini masih terbengkalai,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra, Jaya Bakti ditemui Senin (12/3/2015).

Untuk estimasi anggaran, Jaya Bakti mengaku telah mengusulkan sekitar Rp5 milliar. Dana tersebut nantinya akan sharing antara APBD dan APBN.

BACA JUGA :  Kanada Monitoring Kemajuan Proyek Investasi di Sultra

(Berita Terkait : Potret Stadion Dayung Sultra, 12 Tahun Tak Pernah Dibenahi)

Selain itu, pihaknya juga telah mengusulkan kepada Pj Gubernur Sultra agar nantinya stadion dayung dibangun mewakili ikon Sultra terhadap kesuksesan Sultra dalam mendukung dayung Indonesia di tingkat internasional.

“Yang jelas kita sudah sepakat dengan kepala dinas cipta karya, bahwa ini nantinya akan kita permanenkan. Karena memang kondisinya sudah harus rehat berat, dan ini juga sudah disetejui oleh pak gubernur agar diperluas juga,” jelasnya.

BACA JUGA :  MUI Sultra dan IAIN Kendari Dukung Aturan tentang Pengeras Suara di Masjid

Kurangnya sarana dan prasarana atlet dayung dalam latihan juga akan menjadi perhatian Pemprov Sultra. Jaya Bakti berharap ke depan dapat menambah sarana dan prasarana di stadion dayung Kota Kendari.

Stadion dayung Kota Kendari ini dibangun tahun 1985 menggunakan dana APBD. Saat ini kondisi stadion yang terbuat dari kayu itu sangat memprihatinkan.

Lantai stadion telah banyak yang lubang, sebagian tiangnya pun telah lapuk. Kursi penonton rusak parah dan dapat membahayakan atlet jika sewaktu-waktu runtuh. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini