Taspen Bayarkan Dana Pensiun dengan Sistem Digital

PT Taspen (Persero ) Kendari
PT Taspen (Persero ) Kendari

ZONASULTRA.COM,KENDARI – PT Taspen (Persero) segera merubah sistem pembayaran dana kepada pensiunan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Seksi Kas dan Verifikasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) PT Taspen (Persero ) Kendari Nurhaja mengungkapkan, Taspen sedang melakukan program mengubah pembayaran pensiun menjadi digital atau menggunakan smart card.

Untuk mempermudah prosesnya, Taspen sudah melalukan sosialisasi digitalisasi kepada seluruh mitra guna mempermudah prabayar dana pensiun.

“Sosialisasi ini berguna untuk menyatukan persamaan persepsi bagi para mitra bayar Taspen melalui aplikasi digitalisasi dalam melakukan pembayaran bagi dana pensiun,” ungkap Nurhaja di Plaza Inn hotel Kendari, Sabtu (24/3).

Tujuan dari kegiatan sosialisasi tersebut yakni memperkenalkan aplikasi digital, guna mengevaluasi sistem pembayaran pensiun yang sudah dijalankan oleh mitra bayar dengan cara melakukan pemutakhiran data pensiun melalui digital.

BACA JUGA :  Pertamina Beri Penghargaan SPBU dengan Kinerja Baik di Sultra

“Proses digitalisasi sebenarnya untuk menghindari pembayaran pensiun kepada orang yang tidak tepat jadi nantinya gaji pensiun tersebut bisa di cairkan jika sipensiun sempat melakukan ontetik secara langsung melalui tiga data diri biometrik yakni sidik jari, suara dan kornea,” ungkapnya.

Adapun peserta kegiatan sosialisasi kali ini yakni seluruh mitra kerja PT Taspen yaitu Bank BRI, BNI, BPD, Bank Muamalat, BSM, BTPN, BRI Syariah, BTN dan lainnya.

Jumlah data pensiun yang sudah membayar kurang lebih 27 ribu di 17 kabupaten kota di Sultra yang tersebar di seluruh mitra bayar dari PT Taspen.

BACA JUGA :  Penjualan BBM dan LPG di Sultra Turun Drastis Karena Corona

Apabila Taspen sudah memiliki data biomterik dari pensiunan maka akan mengeluarkan smart card, sehingga dengan smart card itu pensiunan dapat melakukan otentikasi bulanan.

“Dimana ketika pensiunan melakukan penerimaan gaji harus secara biometrik dulu baru bisa smart card itu digunakan sebagai alat pencairan dana pensiunnya, dan fasilitas yang disediakan PT Taspen adalah alat perekaman biometrik sedangkan mitra bayar hanya menyediakan ruangannya dan menghimbau kepada seluruh pensiunan untuk melakukan proses endrolmen,” jelasnya. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini