Tiga Tahun Menjabat, Ali Mazi: Program Unggulan Tetap Berjalan Baik

Tiga Tahun Menjabat, Ali Mazi: Program Unggulan Tetap Berjalan Baik
Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi bersama wakilnya, Lukman Abunawas memperingati tiga tahun kepemimpinannya melalui kegiatan ekspose tiga tahun kepemimpinan Gubernur dan wakil gubernur Sultra periode 2018-2023 di Kendari pada Senin (6/9/2021).(ISMU/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi bersama wakilnya Lukman Abunawas memperingati tiga tahun kepemimpinannya melalui kegiatan ekspose tiga tahun kepemimpinan mereka periode 2018-2023 di Kendari, pada Senin (6/9/2021).

Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, namun pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat prioritas dan unggulan akan terus berjalan.

“Khusus pelaksanaan program unggulan hingga akhir tahun ketiga ini tetap berjalan dengan baik,” ucap Gubernur.

Sebelum masa kepemimpinannya berakhir pada tahun 2023 nanti, sejumlah program unggulan masih dijalankan seperti pembangunan jalan Kendari-Toronipa, pembangunan rumah sakit jantung dan pembuluh darah bertaraf internasional serta pembangunan perpustakaan modern.

Kata dia, pembangunan jalan Kendari Toronipa mendukung Toronipa menjadi kawasan wisata terpadu dan pembangunannya sampai saat ini masih terus berjalan. Kemudian pembangunan gedung perpustakaan modern telah sampai pada tahap akhir, serta pembangunan rumah sakit jantung sudah dilanjutkan setelah sempat terhenti sebelumnya.

Gubernur berharap, program unggulan ini akan rampung tahun depan di masa 4 tahun kepemimpinannya, agar memasuki tahun kelima sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain itu, untuk pencapaian yang bersifat makro, ia menjelaskan bahwa perekonomian Sultra selama tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 0,65 persen. Hal itu disebabkan pandemi Covid-19 yang menghambat laju pertumbuhan semua lapangan usaha ekonomi di Sultra.

BACA JUGA :  Mengerti Kondisi Daerah, Kery Ajak Masyarakat Konawe Menangkan Asrun di Pilgub

Capaian tersebut merupakan terendah dalam tiga tahun terakhir yang sebelumnya Sultra selalu berada diatas rata-rata nasional dengan nilai diatas enam persen pertahun. Namun, kata dia ekonomi Sultra pada triwulan dua tahun 2021 telah berangsur pulih sehingga dapat tumbuh sebesar 4,21 persen, lebih tinggi ketimbang triwulan dua tahun 2020 yang mengalami kontraksi sebesar 2,59 persen. (B)

 


Kontributor : Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini