ZONASULTRA.COM,KENDARI– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dinobatkan menjadi merek bank paling bernilai di Indonesia berdasarkan riset yang diterbitkan oleh Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands.
BRI masuk menjadi salah satu deretan perusahaan unggul dengan brand rating Triple A (AAA). Setidaknya terdapat 8 perusahaan (seluruh industri) yang memiliki nilai merek (brand value) diatas 1 miliar dolar Amerika, dan BRI menempati peringkat 2 dengan valuasi merek mencapai 3,09 miliar dolar Amerika atau setara Rp44,8 triliun.
Khusus di Industri perbankan nasional, BRI memimpin dengan nilai tertinggi. Brand Finance menetapkan peringkat suatu perusahaan melalui tinjauan transaksi riil yang digunakan oleh pengguna merek di seluruh dunia. Untuk menentukan brand valuation, sebuah perusahaan akan diukur brand impact, brand earnings (forecast revenues), dan brand valuenya.
Aspek ini juga dihubungkan dengan reputasi merek yang diperoleh perusahaan. Maka, suatu perusahaan yang mendapat predikat most valuable dan strongest band dapat dilihat dari ukuran persepsi publik dan pengaruhnya terhadap permintaan pasar.
Adapun acara Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands yang digelar oleh Majalah Investor dan Brand Finance dan disiarkan pada Selasa (08/2/2022) di saluran Beritasatu TV.
Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas keberhasilan BRI dalam membangun transformasi bisnis.
Dengan penuh optimisme, BRI akan terus menyiapkan strategi untuk terus tumbuh berkelanjutan. Pada tahun ini, BRI terus melanjutkan journey transformasi BRIvolution 2.0 untuk menuju visi sebagai The Most Valuable Banking Group in South East Asia dan Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.
Dalam mencapai visi tersebut, BRI terus memperkuat aspek digitalisasi untuk menghasilkan berbagai produk inovatif digital dan membangun model bisnis baru.
Strategi yang dijalankan meliputi digitalisasi proses bisnis untuk mendongkrak produktivitas serta efisiensi, digitalisasi ekosistem bisnis, hingga optimalisasi layanan fully digital untuk memperkuat layanan yang lebih customer centric. Transformasi digital juga diterapkan di seluruh anak perusahaan BRI untuk pertumbuhan yang berkelanjutan BRI Group. (*)