Kemendagri Gelar Rakornas Pemilu Damai 2024 Pertama di Kendari

180
Kemendagri Gelar Rakornas Pemilu Damai 2024 Pertama di Kendari
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Gelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Se-Indonesia, di salah satu hotel Kendari, Selasa (11/4/2023). (Erdhin Yahya/ZONA SULTRA.ID).

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Indonesia dengan tema “Sinergi Memantapkan Kerukunan Sosial Masyarakat dalam Mewujudkan Pemilu Damai, Aman dan Harmoni” di salah satu hotel Kendari, Selasa (11/4/2023).

Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Bahtiar mengatakan bahwa, ketahanan sosial memiliki andil besar dalam kehidupan bernegara.

“Sehingga dimensi sosial ini harus dibicarakan dari hulu ke hilir, makanya seluruh kementerian dan lembaga terkait hulu hilirnya sosial ini kita undang. Supaya kita mengurusi ketahanan sosial ini bisa terukur,” katanya.

Kata dia, Rakornas ketahanan sosial ini pertama kali diadakan di Indonesia, Sulawesi Tenggara (Sultra) kota Kendari. Sebab saat ini pihaknya menilai Sultra merupakan barometer pembangunan di Indonesia terbilang pesat yang didukung dengan berbagai ketahanan sosial.

Diharapkan, ketahanan sosial ini dapat dijaga, karena menuju tahapan Pemilu, suksesi pemilu dan pilkada serentak 2024.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada Kemendagri karena telah memilih dan memberikan kepercayaan Rakornas di Sultra.

“Dengan adanya Rakornas ini maka seluruh masyarakat yang ada di Indonesia yang juga dihadiri oleh beberapa Gubernur se-Indonesia, Forum Komunikasi dan Forum Pimpinan Daerah (Forkompinda), Kejaksaan Tinggi (Kejati) dapat melihat perkembangan dan pertumbuhan di Sultra yang begitu pesat,” katanya.

Kata dia, di tengah-tengah pandemi COVID-19 pemerintah masih bisa membangun beberapa proyek strategis, seperti jalan tol tanpa bayar yang panjangnya kurang lebih 15,6 km, rumah sakit jantung taraf internasional, perpustakaan modern, dan kantor gubernur.

“Kemudian pertumbuhan ekonomi walaupun berbeda sedikit dengan pusat tapi kita masih sedikit lebih unggul,” ujarnya.

Untuk itu, disamping pemerintah pusat, pemerintah daerah juga berterima kasih kepada seluruh TNI Polri dan Forkopimda yang selama ini telah banyak membantu pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintah dan negara.

Perlu diketahui, Rakornas ini bertujuan untuk memberikan kesepahaman bersama terhadap berbagai kebijakan dan upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Pemda) dalam mengatasi potensi masalah sosial di tengah masyarakat.

Khususnya untuk cipta kondisi dalam menyambut pesta demokrasi pemilu tahun 2024. (C)

Penulis: C2
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini