Sekda Sultra Apresiasi Aksi Pemkot Kendari Menanam Sejuta Pohon

107
Sekda Sultra Apresiasi Aksi Pemkot Kendari Menanam Sejuta Pohon
Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar penanaman sejuta pohon, di jalan Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (10/5/2023). (C2/ZONASULTRA.ID)

ZONASULTRA.ID KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai melaksanakan program menanam sejuta pohon, Rabu (10/5/2023) di ruas jalan Rujab Gubernur Sultra. Aksi ini pun mendapat apresiasi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, mengatakan, penanaman sejuta pohon ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Gubernur Sultra, Ali Mazi agar Pemkot Kendari melakukan peremajaan pohon di beberapa titik.

“Kami menanam mulai hari ini dari Bundaran Adi Bahasa, Bundaran Pesawat sampai ke Rujab Polda,” kata Asmawa Tosepu.

Dengan aksi penanaman pohon ini, Asmawa berharap lahan-lahan yang selama ini masih gersang dapat ditanami pohon.

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah tanaman pelindung dan tanaman produktif. Selain berfungsi melestarikan lingkungan, tanaman produktif seperti buah-buahan hasilnya bisa dinikmati masyarakat, baik untuk konsumsi pribadi maupun dijual.

“Kita meremajakan pohon-pohon di Kota Kendari ini karena sudah dianggap membahayakan, karena umurnya sudah di atas 20 tahun,” ujarnya.

Asmawa mengungkapkan, usai bencana angin puting beliung, sudah kurang lebih 2.200 pohon telah ditebang oleh tim satgas dan sampai saat ini terus berproses.

Sementara Sekda Sultra, Asrun Lio, mengapresiasi Pemerintah Kota Kendari yang aktif menata wajah kota serta melakukan penghijauan pasca-bencana hidrometeorologi yang lalu.

“Waktu Pak Pj Wali Kota Kendari melakukan penebangan untuk kerapian di seluruh kota ini banyak masyarakat yang protes, dan mereka sadari pada saat bencana kemarin. Bayangkan kalau pohon-pohon itu tidak dirapikan pasti seluruh jalan di Kota Kendari ini mengalami kemacetan karena pohon tumbang,” katanya.

Ia juga mengungkapkan Pemprov Sultra mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Kota Kendari yang bisa memprediksi potensi terjadinya bencana sehingga bisa mengantisipasinya.

Untuk diketahui, aksi penanaman sejuta pohon ini juga merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Kota Kendari ke- 192. (B)

 


Kontributor: C2
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini