Sultra Utus 4 Perwakilan di Ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2023

54
Sultra Utus 4 Perwakilan di Ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2023
Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengutus 4 perwakilan untuk mengikuti ajang pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (PPMI) 2023 di Bhumi Maritim Cilandak, Jakarta.(Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengutus 4 perwakilan untuk mengikuti ajang pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (PPMI) 2023 di Bhumi Maritim Cilandak, Jakarta.

Adapun perwakilan Sultra tersebut yaitu Rabiatul Adrianti (Puteri Maritim Sultra 2023), Tryanto Renaldi Pakadang (Runner-up Putera Maritim Sultra 2023), Sri Hariati (Runner-up Puteri Maritim Sultra 2023), dan Yuyun Rusfianti (Runner-up 2 Puteri Maritim Sultra 2023).

Ketua Paguyuban Putera-Puteri Maritim Indonesia Sulawesi Tenggara (PPMI Sultra), Abdul Kadir Jaelani mengatakan bahwa seleksi tersebut akan berlangsung pada 26 November hingga 5 Desember 2023.

“Untuk tahun ini perwakilan Sultra ada 4 orang yang berangkat hari ini. Sebenarnya ada 3 pasang, tapi 2 orangnya mengundurkan diri karena bertepatan dengan jadwal perkuliahannya di kampus,” ungkapnya via telepon WhatsApp pada Minggu (26/11/2023).

Duta Maritim Indonesia 2016 itu juga mengungkapkan bahwa PPMI tersebut berada di bawah naungan TNI AL. Ia mengaku bahwa perwakilan Sultra tersebut adalah putera-puteri terpilih berdasarkan hasil seleksi 17 kabupaten kota di Sultra yang terselenggara di Lanal Kendari dan salah satu hotel Kendari.

Pemilihan tersebut bisa diikuti oleh siapapun dengan kriteria umur pada 18 hingga 26 tahun. Khusus untuk perwakilan Sultra tersebut, Abdul Kadir mengaku bahwa peserta telah dibekali oleh Perwira Staf Potensi Maritim Paspotmar serta Danlanal Kendari tentang materi wawasan kemaritiman, ekosistem laut, dan lainnya.

Para utusan Sultra itu juga akan menunjukkan bakat daerah dengan menampilkan lulo kreasi, yaitu tarian 4 etnis dari wilayah Sultra. Sejak diadakan tahun 2016, Sultra sudah mengirim beberapa perwakilannya.

Di antaranya 2016 mengutus 2 orang dan mendapatkan juara berbakat, 2018 mengutus 3 orang dan berhasil masuk 10 besar yang salah satunya terpilih menjadi juara kategori putera maritim favorit. Lalu pada 2022 mengutus 2 orang kembali mendapatkan juara berbakat, serta 2023 mengutus 4 orang perwakilan.

” Tidak muluk-muluk harus juara target kami di tahun ini. Harus Sultra yang pegang juaranya karena kami sudah melakukan persiapan yang maksimal selama ini,” tambah Abdul Kadir.

Untuk diketahui, pada ajang pemilihan tersebut akan diikuti oleh perwakilan 34 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi mengutus maksimal 3 pasang peserta dan akhirnya seleksi tersebut akan dipilih 1 pasang untuk menjadi Putera-Puteri Maritim Indonesia 2023. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini