[HOAKS] Surat Suara Palsu Tampilkan Prabowo-Gibran sebagai Paslon 03

20
[HOAKS] Surat Suara Palsu Tampilkan Prabowo-Gibran sebagai Paslon 03
Hoaks tentang surat suara. (Istimewa)

ZONASULTRA.ID – Sebuah konten yang beredar di media sosial mengeklaim terjadi kecurangan pada surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, tampak gambar surat suara lengkap dengan foto pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan maju pada Pilpres 2024.

Pengunggah video menyebutkan, terdapat kejanggalan dalam surat suara tersebut karena paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ditulis nomor 3.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, konten tersebut tidak benar atau hoaks.

Gambar surat suara Pilpres 2024 yang menunjukkan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran ditulis nomor 3 dibagikan oleh akun Instagram ini (arsip) dan ini.

BACA JUGA :  Daftar Figur yang Berpotensi Maju Pilgub Sultra 2024

Dalam video yang dibagikan, tercantum teks sebagai berikut:

Kecurangan apa lagi iniAstagfirullah…!!!???sejak kpn Pak Prabowo dtuker No 03…!!!Viralkan yuukk biar suara pak prabowo gk pindah ke 03.

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, desain surat suara Pilpres 2024 dalam konten tersebut berbeda dengan desain final yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dilansir Kompas.com, dalam desain final KPU, paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, tampak mengenakan peci hitam dengan setelan jas.

Sementara itu, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, kompak mengenakan kemeja biru langit tanpa peci.

BACA JUGA :  KPU Konut Buka Pendaftaran Badan Adhoc, Ini Syaratnya

Kemudian, paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, memadukan warna hitam-putih. Ganjar memakai kemeja hitam dan Mahfud memakai kemeja putih dengan peci hitam.

Di bagian bawah kotak masing-masing capres-cawapres, terdapat logo partai politik pengusung masing-masing pasangan calon.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, gambar surat suara Pilpres 2024 yang menunjukkan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran ditulis nomor 3 adalah hoaks.

Desain surat suara Pilpres 2024 dalam konten tersebut berbeda dengan desain final yang telah ditetapkan KPU. Pada desain final, Prabowo-Gibran masih tertulis sebagai paslon nomor 2.

Rujukan:

  • https://www.instagram.com/p/C252U-KyLi3/
  • https://ghostarchive.org/iarchive/instagram/jeri_dirmanda/3294903538052282551
  • https://www.instagram.com/p/C24tqbPPWOF/
  • https://nasional.kompas.com/read/2023/11/29/19365141/ini-desain-surat-suara-pilpres-2024-dan-gaya-tiap-capres-cawapres
  • https://t.me/kompascomupdate

Sumber Artikel:

  • https://cekfakta.com/focus/15864

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini