Lewat UMKM Brilianpreneur 2021, BRI Target Business Matching Rp923 Miliar

Lewat UMKM Brilianpreneur 2021, BRI Target Business Matching Rp923 Miliar

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Penyelenggaraan pameran virtual UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2021 oleh BRI juga dilakukan business matching yang melibatkan 105 buyers dari 30 negara, dengan nilai mencapai 65 juta dolar Amerika atau setara Rp923 miliar (kurs Rp14.200 per dolar Amerika Serikat).

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan bahwa seiring dengan pemulihan ekonomi nasional, BRI juga meningkatkan target nilai business matching kegiatan ini. Besaran target tahun ini 65 juta dolar Amerika meningkat dari nilai tahun 2020 yang sebesar 57,5 juta dolar Amerika.

” Nilai tersebut berasal dari 74 kontrak pembelian yang dilakukan oleh 26 buyers dari 11 negara,” ungkapnya dalam rilis pers BRI pada Selasa (14/12/2021).

Nilai business matching pada gelaran tahun 2020 tersebut juga meningkat apabila dibandingkan dengan UMKM Expo(rt) Brilianpreneur tahun 2019. Dimana terdapat 16 buyers yang berasal dari 7 negara, yakni USA, Belanda, China, Jepang, Hong Kong, Arab Saudi, dan Australia. Business matching tersebut menghasilkan 23 kontrak pembelian dengan total nilai sebesar 33,5 juta dolar Amerika.

BACA JUGA :  Perkuat Literasi Digital Masyarakat, BRImo Catatkan Volume Transaksi Rp1.201 Triliun hingga April 2023

Lanjutnya, optimisme peningkatan nilai business matching tersebut juga didasari oleh hasil indeks bisnis UMKM. Salah satu perhatian BRI terhadap keberlangsungan UMKM diwujudkan melalui kegiatan riset rutin triwulanan yang menghasilkan Indeks Bisnis UMKM.

Pada triwulan III 2021, indeks aktivitas bisnis memang mengalami penurunan karena dampak dari gelombang kedua Covid-19. Namun, indeks kepercayaan pelaku UMKM terhadap kemampuan pemerintah mengelola ekonomi masih terus meningkat. Demikian juga memasuki triwulan IV 2021, indeks ekspektasi bisnis juga terpantau meningkat yang menunjukkan optimisme pelaku usaha UMKM menyambut akhir 2021.

BACA JUGA :  Cerita Sukses UMKM BRI, Wanita di Surabaya Bangun Komunitas Usaha "Kampung Kue" Beromzet Puluhan Juta

Sunarso menambahkan, event ini merupakan perwujudan komitmen BRI untuk meningkatkan social value creation melalui peran aktif dalam meningkatkan kapabilitas serta kualitas dari UMKM dan produknya. Diharapkan, UMKM Indonesia dapat berkompetisi di pasar dalam maupun luar negeri.

Untuk diketahui, pameran virtual ini menghadirkan sensasi pameran nyata di dunia maya sekaligus memberikan pengalaman 3D kepada pengunjung. Selain itu, UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2021 juga menampilkan konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung). (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini