Listrik 24 Jam di Pulau Kaledupa Wakatobi segera Diresmikan

1290
Listrik 24 Jam di Pulau Kaledupa Wakatobi segera Diresmikan
Mesin dan peralatan listrik di Pulau Kaledupa yang rencananya siap diresmikan 24 jam bulan ini. (ISTIMEWA).

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI -Listrik 24 jam di Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal diresmikan bulan ini.

Manager ULP Wangiwangi Muhammad Ryan Hidayat Yamin mengungkapkan, pengerjaan konstruksi dan instalasi serta aksesoris pendukung dua unit mesin baru milik Pemda Wakatobi berkapasitas 2×500 kW telah selesai dilakukan.

“Mesin baru milik pemda bahkan telah dilakukan komisioning dengan melakukan running test,” ungkapnya dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Minggu (3/9/2023).

Menurut Muhammad Ryan Hidayat Yamin, hal itu dilakukan untuk menguji performa mesin, bahkan sampai dengan masuk ke sistem.

Kata manager, kondisi 100 persen siap dioperasikan dan paralel dengan mesin milik PLN yang selama ini digunakan untuk melistriki pelanggan di Pulau Kaledupa.

“Insyaallah peresmian listrik 24 jam di Pulau Kaledupa dilaksanakan pada pertengahan September 2023,” ujarnya.

Sementara untuk Desa Sombano yang saat ini masih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) milik pemda, ditargetkan akan beralih menggunakan listrik PLN di akhir tahun.

“Jika pekerjaan pembangunan listrik desa oleh PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sultra telah selesai,” terangnya.

Lebih lanjut Muhammad Ryan Hidayat Yamin menerangkan, saat ini telah selesai untuk pekerjaan pemancangan tiang dan akan segera dilanjutkan dengan penarikan kabel sepanjang kurang lebih 7 kms (kilo meter sirkit).

“Semoga dilancarkan dan dimudahkan segala prosesnya agar segera terwujud Pulau Kaledupa Merdeka Listrik. PLN Ber-AKHLAK, andal, terbaik,” pungkasnya. (B)

Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini