Telan Dana Rp2,2 Miliar, Ratusan Rumah di Busel Dapat BSPS

360
Ilustrasi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BATAUGA – Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) kembali mengalokasikan anggaran untuk bedah rumah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan kucuran dana sebesar Rp2,2 miliar bersumber dari APBD 2021.

Bantuan tersebut akan diporsikan kepada 130 unit rumah tidak layak huni yang tersebar di enam kecamatan yakni, Siompu Barat, Siompu, Kadatua, Sampolawa, Batauga dan Lapandewa. Masing-masing rumah mendapatkan Rp17,5 juta untuk meningkatkan kualitas huniannya.

“Terkait dengan BSPS di Buton Selatan tahun ini pak bupati memporsikan 130 rumah dari APBD II. Bantuan ini untuk peningkatan kualitas rumah, bukan pembangunan baru tapi bangunan lama yang perlu direhab seperti, lantai dinding atau atapnya,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Busel, LM Martosiswoyo ditemui di kantor Dinas Kominfo Busel, Rabu (14/7/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya sudah melakukan verifikasi langsung ke lapangan guna mengidentifikasi calon penerima bantuan. Mereka memastikan kelayakan calon penerima bantuan dan tidak pernah mendapat BSPS tahun sebelumnya.

“Sekarang kami sudah melakukan verifikasi teknis dan tinggal mengelola hasilnya. Kemungkinan akhir Juli 2021 ini kita sudah final dan kita akan lelang. Jadi ada pihak ketiga bukan swakelola,” terang mantan Kabag Tapem Setda Busel itu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, saat ini masih banyak rumah tidak layak huni yang tersebar di Kecamatan Lapandewa, Sampolawa dan Batauga. Olehnya pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kualitas hunian masyarakat baik menggunakan dana dari APBD I, APBD II hingga APBN. (B)

 


Penulis: M10
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini