BRI Perkuat Layanan Global Banking Solution Melalui Jaringan SWIFT MT101

BRI Masuk Peringkat 3 Rights Issue Terbesar di Asia
Bank Rakyat Indonesia (BRI)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus melakukan upgrade dalam lini layanan transaksi perbankan internasional melalui jaringan SWIFT yang dapat dinikmati oleh perusahaan global non-finansial ataupun lembaga non-bank, khususnya yang memiliki jaringan unit usaha di Indonesia, fasilitas tersebut adalah layanan SWIFT MT101.

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi penyediaan layanan global tersebut memberikan kemudahan kepada para pengusaha global untuk melakukan transaksi internasional berupa pemindahan dana secara cepat dan real time dimana pun di seluruh dunia.

” BRI membuka layanan global service bagi para pelaku usaha yang berada di dalam dan luar negeri untuk melakukan pemindahan dana mereka dari rekening bank manapun ke rekening BRI di Indonesia,” ungkapnya dalam rilis pers pada Kamis (11/11/2021).

BACA JUGA :  Dinkes Sultra Maksimalkan Potensi Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Kata dia, sebagai member The Society of Worldwide Interbank Financial Telecommunication – Global Payment Innovation (SWIFT GPI), BRI dapat memberikan kemudahan akses perusahaan global yang telah menjadi member SWIFT untuk mengelola rekeningnya.

SWIFT merupakan sebuah sistem komunikasi yang disepakati serta digunakan oleh jaringan perbankan dan institusi keuangan di seluruh dunia untuk bertukar informasi. Digunakan lebih dari 11.000 institusi keuangan secara global, SWIFT menyediakan jaringan yang aman serta sistem format pesan yang telah terstandarisasi.

BRI sendiri telah menjadi member dari SWIFT GPI sejak 2018. Sistem ini memberikan kenyamanan untuk nasabah berupa transparansi biaya, payment tracking yang dapat dengan mudah di monitor serta di akses melalui https://brifast.co.id/swift-tracker/, serta konfirmasi atas masuknya dana ke rekening tujuan pengiriman di luar negeri.

BACA JUGA :  Gerakan Anti Sampah “Yok Kita Gas”: BRI Sasar Pengelolaan Sampah Terpadu di Pasar Kesesi Pekalongan

Achmad juga mengungkapkan, untuk mengaktifkan fasilitas MT101 tersebut, nasabah hanya perlu mendaftarkan RMA (Relationship Manager Application) pada sistem SWIFT miliknya dengan kode BRI yaitu BRINIDJAXXX. Dengan disetujuinya koneksi tersebut oleh BRI, maka nasabah perusahaan sudah bisa melakukan instruksi mutasi rekening dari head office yang berada di luar negeri.

Untuk diketahui, BRI juga menyediakan layanan untuk mengaktifkan SWIFT MT940 pada rekening nasabah perusahaan yang berada di BRI. Melalui MT940, Head Office perusahaan global maupun subsidiary serta afiliasi nasabah perusahaan yang berada di dalam ataupun luar negeri dapat menerima laporan mutasi rekening secara lengkap, cepat, dan akurat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini