Dukcapil Sultra Target Rekam 74 Ribu Pemilih Pemula untuk Pemilu 2024

108
Dukcapil Sultra Target Rekam 74 Ribu Pemilih Pemula untuk Pemilu 2024
Muhammad Fadlansyah

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan untuk merekam sebanyak 74 ribu pemilih pemula untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Sultra, Muhammad Fadlansyah mengatakan, pendataan pemilih pemula terus dilakukan secara bertahap dengan progres yang semakin baik. Pendataan tersebut dilakukan sejak Januari 2023 dan target akhir di Desember 2023.

“Itu dari target kita 74 ribu, itu kisarannya sudah 12 persen sudah kita lakukan perekaman dan itu kita terus lakukan sampai dengan hari pemungutan suara,” ucapnya di Kendari pada Rabu (8/3/2023).

BACA JUGA :  Tina Disebut Berpeluang Besar di Pilgub Pasca Bebasnya Nur Alam

Lanjut Fadlansyah, jika yang direkam sudah berusia 17 tahun maka akan langsung dicetakkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)-nya, jika belum akan ditunggu hingga mencapai usia tersebut.

Dalam pendataan pemilih pemula, Dukcapil Sultra melakukan sistem jemput bola, koordinasi dengan SMA/SMK, dan perguruan tinggi untuk memastikan data yang di bawa orangnya ada.

Pendataan di sekolah-sekolah juga dilakukan secara bertahap karena saat ini tengah persiapan menghadapi ujian akhir. Namun, Dukcapil optimis dengan jadwal agenda yang telah dibuat bisa mencapai target 74 ribu hingga hari Pemilu nanti.

BACA JUGA :  Mengenal Masa Tenang Pemilu dan Solusi Kampanye Terselubung

Mekanisme jemput bola melibatkan Dukcapil kabupaten/kota sebagai tenaga teknisnya dengan menyiapkan sarana dan dikoordinasikan dengan Dukcapil Sultra.

Dukcapil Sultra akan melanjutkan koordinasi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra karena SMA/SMK berada di bawah naungannya.

“Karena pemilih pemula yang kita identifikasi di dalam database kita itu sebagian besar adalah siswa-siswa SMA/SMK dan beberapa mahasiswa. Jadi kita turunnya ke situ,” ungkap Fadlansyah. (A)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini