Plt Bupati Koltim Siap Tindak Lanjuti Instruksi Pj Gubernur Terapkan DDP

123
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Aziz
Abdul Aziz

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Aziz menyatakan siap untuk menindaklanjuti instruksi Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto soal penerapan Data Desa Presisi (DDP) di wilayahnya.

Abdul Aziz mengatakan, DDP tersebut dinilai sangat efektif untuk mengetahui segala permasalahan yang ada di desa, baik permasalahan sosial, kondisi ekonomi, kondisi infrastruktur yang ada, dan masalah lainnya.

“Ini akan memudahkan kita untuk memotong secara langsung,” ungkapnya di Kendari pada Jumat (29/9/2023).

Aziz yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabub) Koltim tersebut menyebut bahwa di Koltim ada sekitar 117 desa dari 16 kelurahan. Dengan tegas ia menyatakan bahwa Pemda Koltim akan menindaklanjuti penerapan DDP sesuai arahan Pj Gubernur Sultra.

Kata dia, tindak lanjut tersebut akan segera dilakukan pada 2024 mendatang. Segala permasalahan di desa bisa terhimpun dalam satu data yang akurat.

Tidak hanya untuk permasalahan sosial ekonomi yang akan difokuskan dari DDP tersebut, tetapi termasuk rumah tidak layak huni, warga yang terdampak stunting, kemiskinan ekstrem dan sebagainya.

Hingga saat ini, Pemda Koltim telah mengalokasikan bantuan kurang lebih 2.126 rumah tidak layak huni dengan anggaran melalui APBD. Khusus 2023, kurang lebih dialokasikan pada 200 unit rumah dengan nominal yang variatif tergantung kondisi rumah.

“Ada yang Rp25 juta, ada yang Rp20 juta per rumah. Tahun ini anggarannya kurang lebih Rp5 miliar,” ungkapnya.

Selain itu, penanganan dan upaya pencegahan stunting juga terus dilakukan Pemda Koltim. Sehingga, melalui penerapan DDP nanti, Aziz harap lebih banyak lagi data permasalahan yang terhimpun untuk bisa diberi solusi oleh pemerintah.

Untuk diketahui, penerapan DDP di Sultra baru saja dicanangkan dengan 8 desa di Kecamatan Watunohu, Kolaka Utara (Kolut) sebagai pilot projectnya.

DDP merupakan data yang memiliki tingkat akurasi dan ketepatan tinggi untuk menggambarkan kondisi aktual suatu desa sehingga dapat menentukan arah kebijakan pemerintah.

Untuk itu, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto berharap dengan hadirnya DDP di Sultra dapat mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat desa. Ia langsung menginstruksikan kepada seluruh pemerintah daerah untuk menerapkan DDP di wilayahnya masing-masing. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini