Ali Mazi Resmi Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Pemilu 2024

37
Ali Mazi Resmi Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Pemilu 2024
Ali Mazi

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi resmi mencanangkan pembangunan zona integritas menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di lingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, dalam rapat koordinasi di Kendari, Selasa (5/7/2022).

Ali Mazi mengatakan, berdasarkan data yang ada, pelaksanaan Pemilu 2019 menunjukkan perbaikan kualitas penyelenggaraan yang semakin baik. Ini terlihat dari angka partisipasi pemilu yang semakin meningkat.

“Bila pada Pemilu 2014 warga Sultra yang menyalurkan hak suaranya sebesar 62 persen, alhamdulillah pada Pemilu 2019 naik menjadi 79,33 persen atau di atas target nasional sebesar 77,50 persen,” ungkapnya melalui keterangan tertulisnya pada Rabu (6/7/2022).

Hal tersebut, kata Ali Mazi, menunjukkan kesadaran masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya semakin baik, serta profesionalitas dan integritas penyelenggara pemilu yang kian mantap. Menurut Ali Mazi, suksesnya Pemilu 2019 di Sultra harus terus dilanjutkan pada penyelenggaraan Pemilu 2024.

BACA JUGA :  Cek Fakta: Keliru, Surat Suara Rusak Tak Dapat Diganti Bila Sudah di Bilik Suara

Ia siap mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggara pemilu sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017. Gubernur juga menegaskan kepada bupati dan wali kota di Sultra agar memberikan dukungan penuh kepada KPU di wilayah masing-masing demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024.

Ali Mazi memandang penyelenggaraan rapat koordinasi dan pencanangan pembangunan zona integritas di lingkungan KPU Sultra ini paling tidak memiliki lima makna strategis. Pertama, rapat koordinasi tersebut merupakan momentum bagi KPU provinsi dan KPU kabupaten kota di Sultra untuk semakin mengukuhkan semangat kolektif-kolegial seluruh jajaran penyelenggara pemilu.

BACA JUGA :  Mengenal Masa Tenang Pemilu dan Solusi Kampanye Terselubung

“Kegiatan ini juga mengandung pesan yang kuat dari KPU Sultra bahwa jajaran siap melaksanakan tugas menyelenggarakan pemilu dan pemilihan pada 2024,” ucapnya.

Selanjutnya, pelaksanaan rapat koordinasi yang dihadiri jajaran KPU kabupaten kota se-Sultra turut menghadirkan pemangku kepentingan strategis yang mencerminkan sinergi setiap unsur di Sultra semakin baik.

Pelaksanaan rapat koordinasi daerah ini dirangkaikan dengan pencanangan pembangunan zona integritas di lingkungan KPU Sultra menunjukkan komitmen KPUD Sultra sebagai institusi yang wajib menjamin akuntabilitas pelayanan publik sesuai standar yang berlaku di instansi pemerintah.

Serta melalui rapat koordinasi daerah tersebut, ia berharap dapat melahirkan road map yang menjadi acuan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di Sultra. (B)


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini