Danlanal Kendari Sebut PPMI Bisa Jadi Pendorong Majunya Wisata di Sultra

Danlanal Kendari Sebut PPMI Bisa Jadi Pendorong Majunya Wisata di Sultra
Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari.(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari menyebut, Putra-Putri Maritim Indonesia (PPMI) bisa menjadi pendorong majunya sektor pariwisata di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kata dia, selain menjadi pendorong sektor pariwisata dengan melakukan pengenalan wisata di tingkat nasional, adanya PPMI juga diharapkan mampu menciptakan ruang untuk menjadi volunteer atau tenaga yang bisa membantu pariwisata di Sultra.

“Selama ini, PPMI Sultra yang sudah ada sejak 2016 itu setiap ada kegiatan kepariwisataan mereka turut hadir. Salah satunya, saat kemarin ada kegiatan sosial membersihkan teluk mereka juga hadir,” ungkapnya di Kendari pada Senin (27/11/2023).

Kata Mulku, hal tersebut penting untuk memunculkan kesadaran masyarakat Sultra, khususnya Kota Kendari agar wisata maritim bisa menjadi ikon yang dapat dijual di Indonesia.

BACA JUGA :  Wakapolda Sultra Cek Kesiapan Operasi Lilin Anoa 2023

PPMI Sultra juga diharapkan menjadi pelopor dari usaha-usaha untuk mengembangkan jiwa kemaritiman. Mulku mengatakan di Sultra kurang lebih ada 540 pulau yang mungkin potensinya belum tergali dengan baik.

“Sehingga kami harap mereka mampu memperkenalkan kepada generasi muda untuk menjaga potensi itu,” tambahnya.

Untuk diketahui, tahun ini Sultra mengirim 4 orang perwakilannya mengikuti pemilihan PPMI tingkat nasional yang digelar di Bhumi Maritim Cilandak, Jakarta pada 26 November hingga 5 Desember 2023.

Adapun perwakilan Sultra tersebut yaitu Rabiatul Adrianti (Putri Maritim Sultra 2023), Tryanto Renaldi Pakadang (Runner-up Putra Maritim Sultra 2023), Sri Hariati (Runner-up Putri Maritim Sultra 2023), dan Yuyun Rusfianti (Runner-up 2 Putri Maritim Sultra 2023). Mereka merupakan finalis PPMI yang telah melalui seleksi daerah yang digelar oleh Lanal Kendari.

BACA JUGA :  Peringatan Hari Juang, 500 Personel TNI AD Lakukan Donor Darah di Korem 143 HO

Perwakilan yang diutus Sultra tersebut telah dibekali tentang materi wawasan kemaritiman, ekosistem laut, wisata maritim dan lainnya oleh Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) serta Danlanal Kendari.

Sejak diadakan tahun 2016, Sultra sudah mengirim beberapa perwakilannya. Pada 2016 mengutus 2 orang dan mendapatkan juara berbakat, 2018 mengutus 3 orang dan berhasil masuk 10 besar yang salah satunya terpilih menjadi juara kategori putra maritim favorit, tahun 2022 mengutus 2 orang kembali mendapatkan juara berbakat, serta 2023 mengutus 4 orang perwakilan. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini