Pertamina Pastikan Kebutuhan Energi Masyarakat Terpenuhi Jelang Idulfitri 2023

55
Pertamina Pastikan Kebutuhan Energi Masyarakat Terpenuhi Jelang Idulfitri 2023
Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memastikan kebutuhan energi masyarakat berupa Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG maupun Avtur tetap terpenuhi jelang idulfitri 2023.(Istimewa)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memastikan kebutuhan energi masyarakat berupa Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG maupun Avtur tetap terpenuhi jelang Idulfitri 2023.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, mengatakan, selama masa Satgas Ramadan dan Idulfitri (Rafi) 2023 yang dibentuk sejak 1 April hingga 2 Mei 2023, pihaknya terus memastikan ketahanan stok dan sarfas Pertamina dalam keadaan aman.

“Ini agar distribusi BBM, LPG, dan Avtur tidak terganggu sehingga perjalanan mudik dapat dinikmati dengan aman dan nyaman oleh masyarakat,” ucapnya pada press conference kesiapan Pertamina jelang momen arus mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H via zoom meeting, Jumat (14/4/2023).

Selama periode Satgas Rafi 2023, tren konsumsi BBM wilayah Sulawesi diestimasikan mengalami peningkatan. BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) diprediksi naik +5% bila dibandingkan rata-rata harian normal maret 2023 dari 7.366 kiloliter (KL) menjadi 7.734 KL.

BBM jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) diperkirakan mengalami kenaikan sebesar +2% dibanding harian normal dari 3.285 KL menjadi 3.365 KL. Untuk LPG (Subsidi dan Nonsubsidi) diperkirakan naik +2,5% dari 1.893 Metrik Ton (MT) menjadi 1.940 MT.

Sedangkan untuk Avtur diproyeksikan akan mengalami kenaikan realisasi sebesar +4,1% dibanding konsumsi rata-rata normal Maret yaitu dari 837 KL menjadi 871 KL.

Menurut Erwin, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada tanggal 19 April 2023, sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada 29 April 2023. Untuk itu, SPBU yang berada di beberapa lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam.

Sebagai antisipasi padatnya arus mudik dan arus balik lebaran, Pertamina menyediakan empat layanan utama berupa layanan energi seperti kesiapan SPBU, agen LPG, dan Pertashop.

Selanjutnya, layanan remote area seperti BBM satu harga yang tersedia di wilayah Terdepan, terluar, tertinggal (3T) dan kesiapan lembaga penyalur di titik rawan Sulawesi seperti di Kabupaten Selayar.

Serta layanan promosi seperti berbagi program promo kepada konsumen, dan yang keempat layanan tambahan seperti layanan Pertamina Delivery Service (PDS) dan Rumah Pertamina Siaga (RPS) yang bisa dinikmati pemudik secara gratis. (B)

 


Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini