Siap-Siap, Wakatobi Wave 2023 Digelar Oktober 2023

129
Siap-Siap, Wakatobi Wave 2023 Digelar Oktober 2023
Nadar

ZONASULTRA.ID, WANGI-WANGI – Pelaksanaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) di Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal dihelat selama lima hari mulai tanggal 26-30 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Wakatobi, Nadar, mengatakan, tahun ini pelaksanaan acara yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) itu mengusung tema bertajuk “Wakatobi Wave Bertabur Pesona Wakatobi Sentosa”.

“Terkait tema, kita ingin mengintegrasikan penghargaan, apresiasi kita terhadap nilai-nilai luhur kebudayaan kita. Saya kira kita di Wakatobi ini sangat kaya dengan khazanah kultural daerah kita. Kemudian posisi kita sebagai destinasi pariwisata prioritas nasional dan juga sebagai kabupaten kreatif Indonesia dan tentu pencapaian visi dan misi daerah kita mewujudkan tatanan masyarakat Wakatobi sentosa,” terangnya di Wangiwangi Selatan (Wangsel), Selasa (12/9/2023).

BACA JUGA :  PLN Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Kelistrikan di Wangiwangi

Kata Nadar, pihaknya juga ingin menegaskan bahwa Wakatobi Wave merupakan event seluruh masyarakat Wakatobi bahkan menjadi milik Sultra dan milik Indonesia. Sehingga dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak untuk menyukseskan acara tersebut.

Ia melanjutkan, komponen-komponen kegiatan dalam event ini merupakan kolaborasi dari pihak pemerintah daerah (Pemda), seluruh masyarakat dan sponsor-sponsor utama seperti Bank Indonesia (BI), pemerintah provinsi, dan tentunya Kementerian Pariwisata.

Nadar mengungkapkan, target utama pemda agar pelaksanaan event Wakatobi Wave bisa membawa manfaat secara ekonomi, kebudayaan dan manfaat dari sisi promosi atau pemasaran pariwisata Wakatobi.

BACA JUGA :  PLN Terus Upayakan Pemulihan Kondisi Kelistrikan di Wangiwangi

Selain itu, lanjut Nadar, kegiatan-kegiatan itu diharapkanbbisa memberikan ruang kepada pelaku usaha pariwisata di daerah untuk mengemas dalam bentuk paket wisata, kemudian dijual agar bisa menarik banyak kunjungan wisata pada momen Wakatobi Wave.

“Dalam hal meramu kegiatan-kegiatannya, kita kontekstualkan sedemikian rupa. Supaya event ini bisa menampilkan secara maksimal dan secara proporsional profil kebudayaan kita di Wakatobi,” pungkasnya. (C)

Kontributor: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini