Sultra Jadi Tuan Rumah Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2023

Sultra Jadi Tuan Rumah Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2023
Seremoni pembukaan pemilihan duta wisata Indonesia 2023 di salah satu hotel Kendari pada Kamis malam (23/11/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi tuan rumah penyelenggaraan pemilihan duta wisata Indonesia ke-17 tahun 2023 di Kota Kendari pada 23 hingga 27 November mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra Belli Tombili mengatakan, pada pemilihan duta wisata nasional itu, Sultra mengirim utusan dari Kabupaten Buton Utara (Butur) yang akan bersaing dengan 9 duta wisata dari 9 provinsi lainnya yaitu Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, dan Papua Selatan.

“Jadi ini sudah dilakukan seleksi nasional juga. Mereka yang datang di Sultra ini adalah mereka yang layak masuk 10 besar atau menuju grand final,” ungkapnya.

Belli juga melihat persaingan yang begitu ketat, melihat pakaian yang digunakan, bakat, tematik dan ekspresi para finalis pada acara seremoni pembukaan di salah satu hotel Kendari pada Kamis malam (23/11/2023) sangat luar biasa. Kendati demikian, ia tetap optimistis perwakilan Sultra bisa meraih posisi nomor satu.

BACA JUGA :  Dispar Sultra Luncurkan Aplikasi “Maimo”, Berisi Tentang Informasi Wisata

Sebagai tuan rumah, ia mengaku bahwa pihaknya memastikan pada pemilihan tersebut tidak ada intervensi terhadap juri untuk mengunggulkan perwakilannya masing-masing, namun berdasarkan kemampuan dan usaha maksimal yang diberikan.

Perwakilan Sultra yang berasal dari Butur juga diakuinya telah melewati tahap seleksi dari peserta 17 kabupaten kota yang diselenggarakan di Kabupaten Kolaka beberapa waktu lalu.

“Makanya saya mendorong, namanya kegiatan-kegiatan yang mewakili Sultra sebaiknya setelah melewati proses seleksi di daerah. Jangan kemudian ditunjuk dari pusat, ‘kamu mewakili Sultra yah’, sampai kita tidak tahu apa-apa kalau dia mewakili Sultra. Akhirnya kita tidak bisa mengklarifikasi seberapa layak dia tampil pada ajang itu,” beber Belli.

Salah satu persyaratan layak yang harus dimiliki duta wisata tersebut adalah menampilkan bakat yang baik seperti bahasa Inggris yang baik, mempunyai pengetahuan yang baik tentang kepariwisataan serta tingkah laku dan penampilan menarik.

BACA JUGA :  APBD 2024 Sultra Disetujui Rp4,9 Triliun

Kata Belli, dengan ditunjuknya Sultra sebagai tuan rumah pemilihan duta wisata Indonesia ke-17 telah mencerminkan bahwa Sultra merupakan daerah yang aman. Ia harap dengan kegiatan itu citra kepariwisataan Sultra semakin baik serta menjadi ajang promosi kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Kalau sudah semakin banyak orang yang datang ke Kendari, citra kepariwisataan kita sudah semakin baik, tentu saja ini akan semakin memacu perekonomian daerah untuk semakin baik,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya pemilihan duta wisata Indonesia 2022 berlangsung di Kalimantan Utara (Kaltara). Pada tahun itu, duta wisata Sultra terpilih sebagai Duta Wisata Indonesia 2022. (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini