Pj Gubernur Beri Pendidikan Politik pada Dewan Pelajar Sultra

31
Pj Gubernur Beri Pendidikan Politik pada Dewan Pelajar Sultra
Foto bersama usai penyematan tanda peserta Dewan pelajar Sultra 2023 oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto di salah satu hotel Kendari pada Selasa (21/11/2023).(Ismu/Zonasultra.id)

ZONASULTRA.ID, KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto memberikan pendidikan politik kepada Dewan Pelajar Sultra yang terdiri dari siswa-siswi perwakilan kabupaten kota yang ada di Sultra, di salah satu hotel di Kendari pada Selasa (21/11/2023).

Dewan Pelajar tersebut digagas oleh DPRD Sultra untuk mewujudkan pemilihan umum (pemilu) damai, kritis, dan berintegritas di wilayah Sultra.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Andap membuka kegiatan dan memberikan beberapa materi dalam kegiatan pendidikan politik yang akan diberikan pada Dewan Pelajar Sultra itu.

Ia menyampaikan beberapa hal seperti pemahaman tentang politik, hingga pengaruh politik terhadap dunia pendidikan, khususnya pemerataan pendidikan di wilayah Sultra.

“Adik-adik semua ini sebagai representasi dari masing-masing wilayah di Sultra.Kami memandang ke depan, insyaallah adik-adik ini menjadi pemimpin karena sudah memenuhi salah satu unsur pemimpin yaitu berani mengeluarkan pendapat yang berdasar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh mengatakan, Dewan Pelajar tersebut kali pertama diadakan di Sultra melalui seleksi kepada semua sekolah yang ada di Sultra, baik di daerah terpencil maupun yang ada di perkotaan untuk mewakili daerahnya.

BACA JUGA :  Daftar Figur yang Berpotensi Maju Pilgub Sultra 2024

“Kegiatan ini terinspirasi karena tahun lalu ada Dewan Pelajar nasional yang diikuti 34 provinsi. Sultra saat itu diwakili oleh MAN IC Kendari dan SMA 1 Ranoometo,” ungkapnya.

Kata politisi PAN tersebut, pihaknya memilih 2 terbaik di setiap kabupaten kota berdasarkan beberapa aspek penilaian pengalaman berorganisasi, kemampuan public speaking dan lainnya. Sehingga, Dewan Pelajar Sultra 2023 itu berjumlah 34 orang.

Adapun 34 Dewan Pelajar tersebut yaitu Kabupaten Bombana diwakili oleh Imelzy Andine Christiani dan Nefi Meilani (SMAN 3 Bombana), Buton diwakili Selma Ayu dan Syfaul Husna Awasurabi (MAN 1 Buton), Busel diwakili Wa ode Citra Fatima (MA Bola), Buteng diwakili Abdul Jihad (MAN 1 Buteng) dan Dian Agusta Aziz (SMKN 2 Buteng).

Selanjutnya, Butur diwakili oleh Astiv Ayu Arshiani Kasman (SMA 1 Kulisusu) dan Fitda Warti (SMAN 1 Bonegunu), Kolaka diwakili oleh Annisa Pertiwi (MAN 1 Kolaka) dan Nabila Suci Ramadhani (SMAN 1 Kolaka), Koltim diwakili Heny Suryani (SMKN 1 Koltim), I Made Merta Santika (SMAN 1 Tirawuta), Kolut diwakili oleh Dewa D. (SMAN 1 Pakue) dan Clara (MA As’adiyah Lapai).

BACA JUGA :  KPU Konut Buka Pendaftaran Badan Adhoc, Ini Syaratnya

Konawe diwakili oleh Santalum Indah Maghfirah dan Zahwa Qhaila Ramadhani (MAN 1 Konawe) serta Muhammad Shafarullah (SMAN 1 Besulutu), Konkep diwakili oleh Syifa Qolbi Karim dan Muhammad Raja (SMAN 1 Wawonii) serta Muh Iksan Alfarid (SMAN 1 Wawonii Utara).

Konsel diwakili oleh Faradiva Diannatin (SMAN 15 Konsel) dan Wahyu Sanjaya (MA Al Anbawi Konsel), Muna diwakili oleh Fasya Pratiwi (SMKN 1 Muna), Zahra Kirana (SMAN 1 Raha) dan La Ode Rahman Saleh (SMAN 1 Watopute).
Mubar diwakili Fahril Nurmuhammad (SMAN 1 Kusambi), Waode Sartika (SMAN 1 Lawa).

Baubau diwakili oleh LM Fachri Hidayat, Nurhidayah Fernita Aulia Ahmad, dan La Ode Muhammad Bintang Azwa (MAN 1 Baubau). Dan Kendari diwakili oleh Anugrah Ayu Nur Ramadhani (SMAN 4 Kendari), Ulfiah Syahirah Gisar (MA Al Askar Kendari) dan Aurelia Az Zahra Harun (MAN 1 Kendari). (B)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini