2019, DPRD Konsel Sarankan Pemda Perbaiki Infrastruktur Dasar

117
2019, DPRD Konsel Sarankan Pemda Perbaiki Infrastruktur Dasar
RAPAT PARIPURNA - Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo Bersama Bupati Konsel Surunuddin Dangga Saat menggelar Paripurna dalam rangka Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2019 mendatang. Kamis (13/9/2018) (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – DPRD Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyarankan pemerintah daerah setempat untuk lebih fokus dalam perbaikan infrastruktur dasar. Hal itu terungkap dalam rapat paripurna pengambilan kebijakan keuangan tahun 2019 yang digelar, Kamis (13/9/2018) di gedung DPRD Konsel.

Anggota DPRD dari fraksi Golkar Samsu yang ditunjuk sebagai juru bicara untuk membacakan pandangan fraksi-fraksi dalam kesempatan.

“Semua fraksi berharap agar program dan kegiatan pada penyusunan KUA-PPAS 2019 mendatang lebih difokuskan pada dukungan pencapaian sasaran strategis daerah sesuai RPJMD Tahun 2016 hingga 2021, dengan capaian kinerja lebih menyentuh kepada kepentingan masyarakat,” kata Samsu saat membacakan pandangan fraksi.

BACA JUGA :  Hakim Perempuan di PN Andoolo Ungkap Keresahan, dari Minim Fasilitas hingga Rentan Intervensi

2019, DPRD Konsel Sarankan Pemda Perbaiki Infrastruktur Dasar

Menurut Samsu, delapan Fraksi berpandangan bahwa pada tahun 2019 kebijakan keuangan daerah, selain diarahkan pada kelanjutan pelaksanaan kegiatan pembangunan yang bersifat multi years, Pemda perlu lebih fokus pada sasaran upaya mengatasi masalah-masalah mendasar untuk menjadi prioritas pembangunan daerah.

“Diantaranya masih terdapat beberapa ruas jalan kabupaten yang mengalami rusak berat, pengaspalan ibu kota Kecamatan seperti kecamatan Tinanggea, Laeya dan Konda, peningkatan akses dan mutu pendidikan, peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik dan kesehatan, peningkatan produktivitas dan daya saing sektor pertanian dan sektor peternakan serta industri pengolahan,” Tambahnya.

BACA JUGA :  Hakim Perempuan di PN Andoolo Ungkap Keresahan, dari Minim Fasilitas hingga Rentan Intervensi

Selanjutnya, kedelapan fraksi menyarankan kepada pemda Konsel agar mempertimbangkan pengalokasian anggaran melalui APBD tahun 2019 untuk pembangunan atau perbaikan balai dan kantor desa rehabilitasi sejumlah bendungan pengairan strategis untuk mengairi hingga ratusan hektar padi sawah, diantaranya bendungan di setiap desa.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo didampingi Wakilnya Hapsir Jaya dan Nadira serta dihadiri oleh Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga dan Wakil Bupati Arsalim Arifin beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan Kepala SKPD lingkup Pemkab Konsel. (B)

 


Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini